Bukan Materi Pelajaran yang Sulit, tapi Memulai Untuk Belajar itu yang Sulit.

Debuging Project Android Menggunakan Wifi

4:48 PM Posted by Unknown No comments


Halloo Semua....

Kali ini gw mau berbagi tentang apa yang gw tahu dan gw lakukan,
So, saat membuat aplikasi Android di IDE Android Studio, kita butuh perangkat Smartphone, biasa nya kita menghubungkan Komputer dengan Prangkat Smartphone itu menggunakan Kabel USB untuk Debuging Aplikasi Android.

Ada beberapa khasus yg gw alami coding pake kabel USB:,
1. Port USB gw terbatas.
2. Kabel USB Rusak.
3. Ribet sering cabut - colok hp.

tapi itu semua bukan masalah buat gw...  tapi gw juga mau yang lebih efisien dari penggunaan USB, akhirnya gw coba Debug lewat Wifi atau ADB Wifi, dan ini menurut gw lebih baik.

di bahan ini cara yg gw lakuin untuk setting dan koneksi komputer ke hp untuk debuging.

* pastikan komputer sudah terinstall android studio
* pastikan Komputer dan Smartphone terhubung dalam satu jaringan Wifi.

STEP 1

Hubungkan Smartphone ke Komputer menggunakan Kabel USB.

STEP 2

Buka Terminal kemudian direct ke  folder penyimpanan abd file.

1
2
3
4
5
$ cd /Users/macbookpro/Library/Android/sdk/platform-tools
 <enter>

STEP 3

Kemudian lanjutkan dengan command berikut untuk memastikan Device/smartphone terhubung dengan komputer.


1
2
3
4
5
$ adb usb
restarting in USB mode
$ adb devices
List of devices attached
ZX1D63HX9R  device

STEP 4

Restart adb in tcpip mode dengan  command berikut:
1
2
$ adb tcpip 5556
restarting in TCP mode port: 5556

STEP 5

Cari IP Address smartphone kamu yang terhubung wifi, cara cek nya:
  • Go to Settings -> About phone/tablet -> Status -> IP address.
  • Go to the list of Wi-fi networks available. The one to which you’re connected, tap on that and get to know your IP.
Jika sudah mengetahui IP Smarphone kamu, lajutkan dengan Command berikut untuk menghubungkan Smarphone kamu Ke Komputer menggunakan IP Address
1
2
3
4
5
6
$ adb connect 192.168.0.102:5556
already connected to 192.168.0.102:5556
$ adb devices
List of devices attached
ZX1D63HX9R  device
192.168.0.102:5556  device


pada List Device ada 2, ZX1D63HX9R  device dan 192.168.0.102:5556  device,

silahkan anda cabut Kabel usb,  itu ga apa2 karena smartphone sudah terhubung ke komputer menggunakan Wifi. kamu udah bisa Debuging / Running Project android.

Terima Kasih sudah berkunjung.






0 komentar:

Post a Comment