Bukan Materi Pelajaran yang Sulit, tapi Memulai Untuk Belajar itu yang Sulit.

Struktur Android Project di Android Studio

10:42 PM Posted by Unknown No comments


"Sampaikanlah Walau 1 Ayat" di waktu senggang kali ini gw mau membagi informasi buat para programmer android yang menggunakan IDE Android Studio, gw yakin banyak yang sudah paham jadi maklum koreksi kalo ada yang salah di pembahasana gw kali ini.

Awal kisah dari awal perkembangan Aplikasi android yang di build menggunakan IDE Eclipse, sejak itu format dan struktur project sangat bersahabat bagi para programmer, namun semenjak Google mengeluarkan IDE khusus untuk Building Project Android, disinilah para programmer galau harus Migrasi dari Eclipse ke Android Studio.

Saat migrasi ke android studio ada yang harus kita pelajari dari Interface dan Area Kerja dari IDE baru ini, nahh di pembahasan ini gak ngebahas IDE tapi ngebahas Struktur Project dari IDE Android Studio.

coba lihat gambarnya dibawah:

nah ada 8 struktur Project yaitu Project, Package, Scratches, Android, Project Files, Problems, Production dan Test. coba bayangkan struktur mana yang anda sesuai untuk mulai ngoding..?? cukup pariative, banyak pilihan.

Kalo gw mau coding Native dan Interface layout, pake nya  struktur "Andorid" kaya yang di bawah ini:

Tampilan Struckturnya enak di lihat, ada manifest.xml, ada Folder Java yang isinya Package, ada Folder Res yang isinya sama dengan structure di IDE sebelumnya, nah untuk folder "assets" ini di tambah sendiri karena default nya ga ada folder asset,

kemudian ada yang baru di struktur project ini yaitu "Gradle Script" fungsinya itu untuk
1. version aplikasi
2. configure applikasi
3. version device install (min, max, and target device)
4. inisilisasi librari.

coba liat script gradle di bawah:



selanjutnya ada yang kurang di Struktur Project android, yaitu dimana folder Lib untuk menempatkan librari.jar,
kalo mau menempatkan librari.jar gw sih biasanya ganti stuktur kaya di bawah ini:


oke brooo..
cukup sampe disini aja dah, pembahawan ane lumayan pengenalan struktur project di Android Studio, semoga bisa membantu dan menambah pengetahuannya, apa lagi yang baru belajar ngoding.

sekian terima kasih
Wassalamu'alaikum wr.wb.

0 komentar:

Post a Comment